STATE OF THE ART SISTEM PROPULSI DAN BAHAN BAKAR OTOMOTIF

Main Authors: Rochman, Muhammad Latifur, Setiyo, Muji
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: POLITALA PRESS , 2019
Online Access: http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/99
http://je.politala.ac.id/index.php/JE/article/view/99/75
Daftar Isi:
  • Makalah ini membahas perkembangan Sistem Propulsi dan Bahan Bakar Otomotif dari masa kemasa. Leonardo Da Vinci pertama kali membentuk sketsa mobil tahun 1479 dan tahun 1769 tercipta Cugnot Steam Traction Engine dengan penggerak mesin uap yang merupakan cikal bakal terciptanya teknologi otomotif selanjutnya. Tahun 1885 Karl Benz menciptakan mesin bensin pertama yang dikenal dengan Replika Benz Motorwagen yang menggunakan karburator. Sistem pembagian bahan bakar pada sistem karburator belum efektif, maka dikembangkanlah sistem EFI. Pada perjalanannya, sistem EFI juga mengalami evolusi. Diawali dengan Throttle Body Injector (TBI) dimana hanya menggunakan satu injektor dan terletak di throttle body. Kemudian berkembang menjadi D-EFI, L-EFI dan Direct Injection. Salah satu energy terbarukan kendaraan adalah energi listrik. Mobil listrik pertama kali dikembangkan tahun 1832  dan mengalami kemunduran tahun 1935. Tahun 1996 sampai 1999 dikembangkan kembali mobil listrik EV1 dan merupakan awal bangkitnya industri mobil listrik. Mobil hybrid juga mengikuti perkembangan mobil listrik. Dan pada tahun 1997 mobil hybrid mulai diproduksi secara massal. Plug-In Hybrid Electric Vehicle, yaitu menggabungkan sistem hybrid dan mobil listrik. Dan Fuel Cell Electric Vehicle yang merupakan teknologi mobil listrik masa depan dengan menggunakan bahan bakar hydrogen dan oksigen yang menghasilkan emisi air