Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika

Main Author: Sirait, Erlando Doni; Universitas Indraprasta PGRI
Other Authors: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNINDRA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI , 2016
Online Access: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/750
https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/750/659
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika pada kelas VIII di SMP Negeri 160 Jakarta.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan analisis korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling.Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengisian angket yang terdiri dari 20 soal. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi minat belajar dengan prestasi belajar matematika diperoleh persamaan dengan Fhitung< F tabel (-1,52<1,63) hal ini menunjukkan bahwa regresi X atas Y berpola linear. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, diperoleh koefisien korelasi X terhadap Y sebesar 0,706 dengan koefisien determinasi sebesar 49,8% dan diperoleh thitung> ttabel (7,914 > 1,670) sehingga Ho ditolak pada taraf 0,05. Maka kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar Matematika