PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 LUBUKLINGGAU

Main Authors: Sepriyaningsih, Sepriyaningsih, Samitra, Dian, Yunita, Meti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang , 2019
Online Access: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO/article/view/368
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO/article/view/368/401
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis dengan salah satu guru mata pelajaran biologi kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau diperoleh data bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi biologi masih rendah. Hal itu disebabkan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan model-model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk mempelajari pelajaran biologi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Control group pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan = 0,05, diperoleh thitung (8,43) > ttabel (1,684). Dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas X biologi SMA Negeri 8 Lubuklinggau tahun ajaran 2016/2017.