KAMPANYE SOSIAL MENINGKATKAN SPORTIVITAS SUPPORTER DALAM MENDUKUNG TIMNAS SEPAKBOLA INDONESIA SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENINGKATKAN CITRA PERSEPAKBOLAAN NASIONAL
Main Authors: | Maulana, Prisma; Institut Teknologi Bandung, Budiwaspada, Agung Eko; Institut Teknologi Bandung |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Visual Communication Design
, 2012
|
Online Access: |
http://jurnal-s1.fsrd.itb.ac.id/index.php/viscom/article/view/33 http://jurnal-s1.fsrd.itb.ac.id/index.php/viscom/article/view/33/33 |
Daftar Isi:
- Abstrak Masalah persepakbolaan Indonesia semakin hari semakin rumit, salah satunya adalah masalah sportivitas supporter yang masih belum dewasa dan sportif. Kericuhan dan aksi anarki masih sering terjadi dalam banyak pertandingan, khususnya pertandingan internasional timnas sepakbola Indonesia. Akibatnya pertandingan pun terganggu dan banyak pihak yang mengalami kerugian hasil dari aksi tidak sportif para supporter timnas sepakbola Indonesia. Jumlah supporter timnas sepakbola Indonesia yang banyak seharusnya bisa diarahkan untuk memajukan persepakbolaan Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu ajakan untuk dapat meningkatkan sportivitas supporter timnas sepakbola Indonesia sebagai alternatif solusi meningkatkan citra persepakbolaan nasional melalui perancangan suatu kampanye sosial untuk menyadarkan supporter akan pentingnya sportivitas dalam mendukung timnas sepakbola Indonesia. Kata Kunci :supporter, sepakbola Indonesia, sportivitas, kampanye sosial Abstract The problem of Indonesian football is more complicated complicated, and one of the issues is fans’ sportsmanship. Chaos and anarchy are often occur in international matches done by Indonesia national football team. As a result, the game was disrupted and many people who suffered losses result from the action of unsportsmanlike Indonesia national football team supporters. The number of Indonesia national football team supporters should be directed to advancing the football in Indonesia. Therefore it is necessary to make a social campaign to improve the sportsmanship of Indonesia national football team supporters as an alternative solution which enhances the image of the Indonesia’s football through emotional social campaign design to create sportsmanship awareness towards the Indonesian national football team supporters.