Peran Penerapan Syariah Marketing Pada Pengembangan CV. FCK Corporation Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kediri
Main Author: | MOCHAMMAD SOFYANUDIN |
---|---|
Format: | Book |
Terbitan: |
STAIN KEDIRI
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.iainkediri.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=24292 |
Daftar Isi:
- Syariah marketing adalah sebuah disiplin bisnis strategis yangmengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari suatuinisiator pemasar kepada stakeholders-nya, dimana keseluruhan prosesnya sesuaidengan akad dan prinsip-prinsip muamalah. CV. FCK Corp merupakan industrirumahan yang bergerak dibidang makanan ringan. Perusahaan ini jugamenerapkan sistem syariah marketing dalam pengembangan bisnisnya. Terbuktidengan penggunaan konsep-konsep syariah marketing seperti menggunakanbank-bank syariah dalam transaksional perusahaan dan menjalankan praktekpraktekkeagamaandalammanajerialperusahaan.Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisisdeskriptif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Sumber datautama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah datatambahan seperti dokumen. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitiadalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1. CV. FCKCorporation merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industrimakanan ringan ternyata telah menerapkan konsep syariah marketing dalamkegiatan bisnisnya, seperti menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam keseharianbisnisnya, merespon tanggapan konsumen dengan baik, serta meluangkansebagian dari omzet perusahaan untuk kegiatan keagamaan. Penerapan kegiatantersebut termasuk dalam aspek teitis, etis, realistis, dan humanistis. Namun dalamprinsip-prinsip pemasaran perspektif syariah, perusahaan belum sepenuhnyamemenuhi aspek-aspek yang tertera dalam prinsip tersebut. Terbukti denganbelum tercantumkannya hak dan harga muamalat non tunai. 2. Peran penerapansyariah marketing ikut andil dalam pengembangan bisnis CV. FCK Corporation.Indikatornya seperti manajemen keuangan yang sehat, penyisihan sebagian omzetpendapatan perusahaan untuk kegiatan amal, melakukan ekspansi bauranpemasaran hingga ke luar negeri, menggunakan jasa ekpedisi guna efisiensi danefektifitas pengiriman barang, serta selalu mengupgrade produk sesuai denganpermintaan pasar, semakin menunjukkan bahwa syariah marketing sangatberperan dalam pengembangan bisnis CV. FCK Corporation.
- xviii, 92 hlm., 29 cm.