Analisis Iklim Sekolah Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Main Authors: Arsil, A, Yantoro, Y, Sari, Rapita
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University , 2018
Subjects:
Online Access: http://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6753
http://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6753/4256
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan analisis iklim sekolah melalui peran lingkungan fisik dan lingkungan sosial dalam mendukung proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 34/I Teratai,  Kecamatan Muara Bulian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. teknik pengunpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa kelas IV, V dan VI. Simpulan penelitian yaitu iklim sekolah dalam mendukung proses pembelajaran pada aspek lingkungan fisik, sumber daya, kenyamanan, lingkungan social, rasa tanggung jawab, kerjasama,  semangat kebersamaan, kesetiaan, dan keadilan telah diimplementasikan dengan sangat baik oleh pihak sekolah. Keberadaan iklim sekolah melalui lingkungan fisik dan lingkungan sosial sekolah sangatlah berperan dalam mendukung proses pembelajaran, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas dan karakter sekolah.