PENDAMPINGAN KEGIATAN PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT DENGAN PEMBUATAN BAHAN AJAR APLIKASI VIDEO SCRIBE PADA GURU DI SD MUHAMMDIYAH PANDES BANTUL
Main Authors: | Suraya, Suraya; Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Fatkhiyah, Erfanti; Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Suseno, Hadi Prasetyo; Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta |
---|---|
Other Authors: | guru, teknologi informasi, bahan ajar |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Politeknik Harapan Bersama
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1390 http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1390/967 http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/downloadSuppFile/1390/563 |
Daftar Isi:
- Di era informasi ini, masih ada guru yang belum menganggap penting penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Sebenarnya pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pembelajaran dapat menunjang proses pembelajaran. Dengan teknologi informasi diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran dan yang lebih penting adalah untuk meningkatkan penguasaan teknologi informasi baik bagi guru mau pun siswa sebagai bekal hidup di era teknologi yang terus berubah dan berkembang. Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi, pendampingan kegiatan yang terkait dengan teknologi informasi harus selalu diberikan. Salah satu pendampingan kegiatan untuk para guru di SD Muhammadiyah Pandes Bantul adalah pengembangan bahan ajar dengan video scribe. Hasil kuesioner yang diberikan sebelum adanya pendampingan, 95% guru belum menggunakan bahan ajar berbasis teknologi informasi dan 80% tidak mengetahui adanya aplikasi yang dapat dengan mudah digunakan untuk mengembangkan bahan ajar. Jawaban 20% yang pernah menggunakan bahan ajar berbasis TIK, para guru hanya menggunakan Microsoft Power Point dan 2 guru pernah mengikuti pelatihan membuat bahan ajar dengan aplikasi Lectora. Hasil akhir pelatihan, berdasar kuesioner yang diberikan di akhir pelatihan menunjukkan, semua guru yang mengikuti pelatihan menjawab penggunaan video scribe sangat mudah dan hasil yang ditampilkan sangat menarik Kata kunci : guru, teknologi informasi, bahan ajar