ANALISIS MANAJEMEN DISTRIBUSI DAN PELAYANAN PENDAFTARAN BARU PDAM TIRTA MEULABOH (Studi Kasus di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat)

Main Author: SAMSUL BAHRI, NIM: 09C20201049
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.utu.ac.id/808/1/I-V.pdf
http://repository.utu.ac.id/808/
http://utu.ac.id
Daftar Isi:
  • Samsul Bahri, Nim 09C20201049 “Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Analisis Penerapan Manajemen PDAM Tirta Meulaboh Terhadap Pelayanan Pelanggan Baru”. Dibawah bimbingan bapak Sudarman, M.Ag, dan bapak Saiful Asra, M. Soc.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen PDAM Tirta Meulaboh terhadap kepuasan pelanggan. Lokasi penelitian bertempat di PDAM Tirta Meulaboh di jalan Purnama Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang dari PDAM Tirta Meulaboh yaitu Direktur Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan PDAM Tirta Meulaboh, Kepala Seksi Produksi, dan jumlah masyarakat sebagai pelanggan jasa PDAM yang berada di setiap gampong yang ada dikecamatan Johan Pahlawan sebanyak 15 orang. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, dan wawancara dan kajian perpustakaan. Metode deskriptif dimana data yang diambil berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, memo dan dokumen resmi lainnya untuk mendapatkan pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa indikator yaitu PDAM Tirta Meulaboh telah melaksanakan proses manajemen yaitu: planning, organizing, actuating dan controlling, tujuan dari pada PDAM Tirta Meulaboh adalah untuk melaksanakan pelayanan yang prima sehat dan mandiri, tetapi dalam proses pelaksanaan masih terdapat kekurangan-kekurangan antara lain yaitu PDAM Tirta Meulaboh kehilangan air, air yang keluar keruh, dan air sering mati sehingga berpengaruh kepada tingkat kepuasan pelanggan PDAM Tirta Meulaboh. Berdasarkan hasil penelitian yang berasal dari informan sebagai pengguna jasa PDAM, pelanggan tidak merasa puas dengan manajemen pelayanan yang diberikan oleh PDAM. Pelanggan mengatakan kecewa, karena air yang keluar keruh, air tidak hidup selama 24 jam. Adapun saran dalam penelitian ini adalah petugas lapangan harus sering-sering terjun kelapangan untuk melakukan dan melaksanakan perawatan pipa-pipa sehingga pipa tidak bocor, dan mencegah terjadinya pencurian air.