POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN MURID SDLB MEULABOH
Main Author: | TRI BHARATA YUDHA, NIM : 07C20220040 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.utu.ac.id/803/1/I-V.pdf http://repository.utu.ac.id/803/ http://utu.ac.id |
Daftar Isi:
- Komunikasi merupakan sentral dari segala sesuatu kegiatan yang dilakukan sehari-hari kepada masyarakat, mulai dari perkantoran, pendidikan, pergaulan, penjualan dan lain-lain. Banyak problema-problema yang menyangkut golongan akan dapat ditelusuri, dalam hal tersebut terdapat komunikasi yang buruk karena kemacetan dan hambatan-hambatan komunikasi atau karena tidak ada komunikasi sama sekali. Dalam penulisan skripsi ini akan dibahas permasalahan bagaimana pola komunikasi guru dan murid disekolah. Fokus dalam penelitian ini adalah pola komunikasi antara guru dan murid yang terjadi di dalam kelas pada Sekolah Dasar Luar Biasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pola komunikasi guru dan murid di SDLB Meulaboh adalah guru-murid, murid-guru dan murid-murid. Hal ini dikarenakan dengan jumlah murid yang sedikit, maka guru mengambil inisiatif mengumpulkan murid dalam satu kelas agar guru bisa total dalam memberikan perhatian kepada murid ketika proses belajar mengajar. Para murid jadi merasa bebas untuk bertanya materi yang kurang jelas ataupun belum dimengerti dan juga guru bisa dijadikan untuk tempat curhatan para murid. Kata kunci