PENGARUH KARAKTERISTIK DAN IKLAN OBAT TERHADAP KONSUMSI OBAT BEBAS DI GAMPONG UJONG KALAK KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

Main Author: SRI DARMALIANTI, NIM : 09C10104096
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.utu.ac.id/665/1/BAB%20I_V.pdf
http://repository.utu.ac.id/665/
http://utu.ac.id/
Daftar Isi:
  • Upaya masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri tersebut dikenal dengan istilah self medication atau swamedikasi. Self medication biasanya dilakukan untuk penanggulangan secara cepat dan efektif keluhan yang tidak memerlukan konsultasi medis, mengurangi beban pelayanan kesehatan pada keterbatasan sumber daya dan tenaga, serta meningkatkan keterjangkauan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang jauh dari puskesmas. Keluhankeluhan dan penyakit ringan yang banyak dialami masyarakat, seperti demam, nyeri, pusing, batuk, influenza, sakit maag, kecacingan, diare, penyakit kulit, dan lain-lain, Tujuan penelitian ini untuk untuk menganalisis pengaruh karakteristik dan iklan obat terhadap konsumsi obat secara bebas di Gampong Ujung Kalak Kecamatan Kabupaten Aceh Barat Tahun 2014. Jenis Penelitian ini menggunakan desain penelitian Analitik dengan pendekatan crosssectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang berusia dewasa tua ≥ 60 tahun dan usia dewasa muda < 60 tahun di Gampong Ujong Kalak Kecamatan Johan Pahlawan yang berjumlah 1010 kepala keluarga. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara proposinate random sampling. berjumlah 90 responden. Dianalisis dengan univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna antara umur dengan konsumsi obat bebas (P= 0,022 jadi p < 0,05) dengan OR = 6,916. Sedangkan Pendidikan didapat bahwa ada pengaruh yang bermakna antara pendidikan dengan konsumsi obat dengan nilai (P. Value 0,030 < 0,05) dengan OR = 1,387. Pekerjaan yaitu terdapat pengaruh yang bermakna antara pekerjaan dengan konsumsi obat bebas (P. Value 0,025 < 0,05) dengan OR = 4,489. Pengetahuan yaitu terdapat pengaruh yang bermakna antara pengetahuan dengan konsumsi obat bebas (P. Value 0,042 < 0,05) dengan OR = 2,227. Sedangkan iklan obat yaitu terdapat pengaruh iklan obat terhadap konsumsi obat bebas (P. Value 0,024< 0,05) dengan nilai OR = 4,202. Disarankan kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan pengobatan dengan mengkonsultasi dengan dokter dan petugas kesehatan, masyarakat juga lebih memperhatikan pengobatan dengan tidak membeli obat di warung