HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA LANGKAK KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA

Main Author: ERNAWATI, NIM : 09C10104004
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.utu.ac.id/635/1/BAB%20I_V.pdf
http://repository.utu.ac.id/635/
http://utu.ac.id/
Daftar Isi:
  • Anak usiaPrasekolah yang merupakan investasi bagi bangsa, karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Kualitas bangsa dimasa depan ditentukan dengan kualitas anak - anak saat ini. Upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia harus dapat dilakukan sejak dini, sistematis dan berkesinambungan. Tumbuh kembang anak di usia Prasekolah yang optimal tergantung dari pemberian nutrisi dengan kualitas dan kuantitas yang baik serta benar. Setiap manusia yang hidup mengalami proses tumbuh kembang. Istilah tumbuh kembang pada manusia menunjukkan proses sel telur (ovum) yang telah dibuahi sampai mencapai status dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiHubungan Status Gizi Dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Kognitif Anak UsiaPrasekolahdi desa Langkak Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian bersifat analitik dan rancanagan penelitian cross sectional.Sampel dalam penelitian sebanyak 96Responden.Hasil penelitian diperoleh ada Hubungan status gizi dengan pertumbuhan dan perkembangan Kognitif Anak UsiaPrasekolahdi desa Langkak Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya.Namun Jika dilihat dari odds ratio (OR) yaitu sebesar 0,175.Diharapkan kepada Orang tua perlu membiasakan anak untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang sebanding dengan kebutuhan energi yang digunakan untuk aktivitas anak setiap harinya, serta mendampingi dan berkomunikasi secara aktif kepada anak demi mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak Prasekolah