HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN (PERSPEKTIF KELUARGA PASIEN) DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH NAGAN RAYA TAHUN 2014
Main Author: | NUR ARAFAH, NIM : 08C10104118 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.utu.ac.id/461/1/BAB%20I_V.pdf http://repository.utu.ac.id/461/ http://utu.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakn dibandingkan dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan kinerja perawat terhadap kepuasan kelurga pasien ruang rawat inap bedah Rumah Sakit Umum Daerah Nagan Raya tahun 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga pasien yang berjumlah 120 orang, tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik accidental sampling dengan jumlah sampel terpilih 70 orang. Uji yang dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 maret s/d 04 April tahun 2014. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang bermakna antara assitif dengan kepuasan keluarga pasien dengan p value (0,595) dan nilai OR (1,478), tidak ada hubungan yang bermakna antara hygienik dengan kepuasan keluarga pasien dengan p value (0,756) dan nilai OR (0,765). tidak ada hubungan yang bermakna antara suportif dengan kepuasan keluarga pasien dengan p value (0,201) dan nilai OR (2,111). tidak ada hubungan yang bermakna antara Observatif dengan kepuasan keluarga pasien dengan p value (0,157) dan nilai OR (0,444). ada hubungan yang bermakna antara edukatif dengan kepuasan keluarga pasien dengan p value (0,032) dan nilai OR (3,444). Harapan penulis disarankan kepada direktur RSUD Nagan Raya untuk berupaya meningkatkan pelayanan yang diberikan dengan cara memberikan dukungan atau motivasi kepada petugas untuk bekerja dengan baik dalam rangka memenuhi harapan pasien. Disarankan kepada perawat RSUD Nagan Raya untuk meningkatkan kinerja sesuai dengan standar yang berlaku di RSUD Nagan raya tersebut dan meningkatkan tanggung jawab dan disiplin kerja dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat