EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DASAR DI PUSKESMAS PADANG PANYANG KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA

Main Author: CUT NUR ASMA RANI, NIM.08C10104046
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.utu.ac.id/411/1/BAB%20I_V.pdf
http://repository.utu.ac.id/411/
http://utu.ac.id/
Daftar Isi:
  • Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkan. Belum terpenuhinya harapan pasien yang berkunjung ke Puskesmas Padang Panyang diduga berkaitan dengan pelayanan kesehatan dasar yang diberikan di puskesmas tersebut belum memadai. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 1-8 Mei 2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analitik yaitu untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas Padang Panyang Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya tahun 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua semua pasien rawat jalan yang berkunjung ke puskesmas Padang Panyang. Pengambilan sampel secara accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan analisa statistik menggunakan uji Chi square dengan tingkat kepercayaan 95% (α:0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pelayanan kesehatan dasar dengan kepuasan pasien, dengan nilai p=0,018. Disarankan kepada Pimpinan Puskesmas untuk berupaya meningkatkan pelayanan yang diberikan dengan cara memberikan dukungan atau motivasi kepada petugas untuk bekerja dengan baik dalam rangka memehuni harapan pasie