ANALISIS KETERBUKAAN INFORMASI DALAM MENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR CAMAT KECAMATAN KAWAY XVI KABUPATEN ACEH BARAT

Main Author: SITI JUMRAH, NIM : 08C20201048
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.utu.ac.id/396/1/BAB%20I_V.pdf
http://repository.utu.ac.id/396/
http://utu.ac.id/
Daftar Isi:
  • Pelayanan public dan keterbukaan informasi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Negara mempunyai kewajiban melayani setiap warga Negara untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Prinsip keterbukaan harus menjadi salah satu landasan utama dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penulis turun kelapangan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan informan penelitian yang dianggap memahami permasalahan yang sedang diteliti. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan ditemukan fakta bahwa keterbukaan informasi publik di Kantor Camat Kaway XVI masih belum berjalan dengan baik. Hal tersebut disebabkan oleh sangat terbatasnya sarana informasi publik yang dimiliki oleh pihak kecamatan, sehingga penyampaian informasi kepada masyarakat tidak maksimal. Keterbukaan informasi di Kantor Kecamatan Kaway XVI selama ini tidak didukung oleh sarana informasi yang baik dan memadai seperti website kecamatan, bulletin atau majalah dan lain sebagainya. Penyampaian informasi kepada masyarakat selama ini dilakukan dengan cara manual, yaitu berbentuk pengumuman, selebaran, pemberitahuan yang ditempelkan pada papan pengumuman di depan kantor kecamatan, sehingga tidak semua masyarakat bisa menjangkau mendapatkan informasi sebagaimana mestinya.