ANALISIS PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KAPAL KMP.TELUK SINABANG (Studi Kasus Labuhan Haji - Simeulue)

Main Author: FERDI SAPUTRA, NIM : 08C10203072
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.utu.ac.id/384/1/I-V.pdf
http://repository.utu.ac.id/384/
http://utu.ac.id/
Daftar Isi:
  • Seiring dengan kemajuan dan meningkatnya jumlah pengguna jasa transportasi, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, salah satunya adalah Persepsi penumpang terhadap kualitas pelayanan terhadap transportasi yang digunakan oleh konsumen. Kualitas pelayanan yang dinilai adalah pelayanan kapal Kmp.Teluk Sinabang rute Labuhan Haji-Simeulue. Analisis dilakukan dengan menghitung Importance Per formance Analysis (IPA). Adapun hasil yang tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi beberapa faktor yang berpengaruh terhadap persepsi pelayanan dan tingkat kesesuaian responden/penumpang sarana transportasi laut yang berupa kapal Kmp.teluk sinabang mengunakan Analisis Indeks Persepsi. Analisis yang hasil dari Importance Performance Analysis didapat peneliti pada Tingkat Kinerja Kapal untuk Tingkat kesesuaian Responden (Tki) 0.09, pada Penilaian Persepsi menurut Tingkat Kinerja Kapal didapat hasil Tingkat kesesuaian Responden (Tki) 2.33, dan pada Penilaian Persepsi menurut Tingkat Kepentingan didapat hasil Tingkat kesesuaian Responden (Tki) 1.00. Sehingga dari hasil keseluruhan importance dan performance di dapatkan hasil persepsi penumpang keseluruhan dari Tingkat Kesesuaian Responden 73.94 = 74 (Tki 74%). Tingkat kesesuaian Responden (Tki) adalah hasil Pernyataan hipotesis yang membuktikan apabila nilai rata-rata performance/ kinerja diatas serta nilai rata-rata importance/harapan dalam tingkat kesesuaian responden angkutan kapal ferri KMP.Teluk Sinabang dibawah Tki<100%, Yang berarti pelayanan angkutan kapal ferri KMP. Teluk Sinabang belum memuaskan.