PENGARUH STRATEGI GENERATING INTERACTION BETWEEN SCHEMATA AND TEXT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Yuspita, Diana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ranah Publisher , 2019
Subjects:
Online Access: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/46
https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/46/43
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Generating Interaction between Schemata and Text terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 37 Pegambiran Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 37 Pegambiran Padang yang berjumlah 60 siswa dengan sampel kelas IVA dan IVB yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi GIST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 37 Pegambiran Padang. Hal ini dibuktikan dari uji – t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung (7,233) >  t tabel (2,024) sehingga Ha diterima.