HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA PELATIHAN BAHASA INGGRIS DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN HAZIKA EDUCATION CENTRE PADANG

Main Authors: Afrianti, Vega, Bartin, Tasril
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ranah Publisher , 2020
Subjects:
Online Access: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/290
https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/290/259
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa rendahnya aktivitas belajar peserta dalam mengikuti pelatihan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang, hal ini diduga karena ada hubungannya dengan motivasi belajar peserta dalam mengikuti pelatihan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran motivasi belajar, gambaran aktivitas belajar, dan bagaimana hubungan keduanya. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat dekskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah semua peserta pelatihan Bahasa Inggris sebanyak 50 orang dan sampel sebanyak 65% yaitu 35 orang, dengan teknik penarikan sampel yaitu sampel acak (random sampling). Teknik Pengumpulan data berupa kuesioner dengan alat pengumpul datanya berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) motivasi belajar peserta pelatihan tergolong rendah, (2) aktivitas belajar kurang kondusif, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar terhadap penguasaan keterampilan peserta pada pelatihan keterampilan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang.