Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Sepatu Rajutan bagi Anak Tunarungu

Main Authors: Noflia Anggraini, Vebby, Ardisal
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Ranah Publisher , 2020
Subjects:
Online Access: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/280
https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/280/253
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengulas tentang model pembelajaran practice rehearsal pairs dalam meningkatkan keterampilan membuat sepatu rajutan bagi anak tunarungu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan vokasional anak tunarungu dalam membuat sepatu rajutan melalui model pembelajaran practice rehearsal pairs. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus,. Pada setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan, yang mana disetiap pertemuannya dilakukan evaluasi. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu, perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian  ini terdiri dari empat orang anak, dimana setiap dua orang anak dipasangkan menjadi satu kelompok. Anak SR dipasangkan dengan D sedankan MR dipasangkan dengan S. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa SR, D, MR dan S secara umum sudah bisa mempraktekkan langkah-langkah membuat sepatu rajutan dengan benar. Jadi tebukti model pembelajaran practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan membuat sepatu rajutan.