Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas VI di SD Inpres Fakfak

Main Authors: Lepith, Anerbelson, Muflihah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M IAIN Samarinda , 2019
Subjects:
Online Access: https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/SAJIE/article/view/1914
https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/SAJIE/article/view/1914/pdf
Daftar Isi:
  • Studi pendahuluan menunjukkan aktivitas belajar IPS siswa kelas VI SD Inpres Fakfak masih rendah, aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan salah satunya melalui penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi gejala atau peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Bachman dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi, yang dilaksanakan melalui tindakan 2 siklus. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dilihat dari enam indikator. Sejalan dengan karakteristik Pendekatan Saintifik yang diungkapkan Hosnan, setelah dipadukan dengan multimedia interaktif. Lowther dan Russel menambahkan manfaat dan fungsinya dapat membantu meningkatkan aktivitas siswa, dengan persentase pada setiap indikator setiap indikator yang terdiri dari Visual Activity sebesar 74% naik menjadi 80% di siklus II, Oral Activity terjadi sebesar 78% naik menjadi 80%, Listening Activity sebesar 77% naik menjadi 84% di siklus II, untuk kegiatan Writing Activity sebesar 83% naik menjadi 85% di siklus II, pada kegiatan Mental Activity sebesar 83% naik menjadi 85% di siklus II dan untuk kegiatan Emotional Activity memperoleh 81% dan naik menjadi 84% di siklus II. Dikaitkan dengan tujuan penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia interaktif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di SD Inpres Fakfak.