Penerapan Pembelajaran Online dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang
Main Author: | Djunaedy, Raka Pratama |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Jember
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/376 https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/376/364 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran online pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang yang berjumlah 7 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, pada fase orientasi, mengembangkan dan menyajikan karya, serta analisa dan refleksi melalui penerapan PBL, siswa menjadi lebh aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. Hal ini merupakan bentuk keaktifan belajar lisan. Terlihat melalui penerapan PBL pada pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa khususnya pada aktivitas lisan siswa. Peningkatan bentuk aktivitas siswa juga terlihat pada fase mengorganisasi peserta didik dan penyelidikan individu, peningkatan aktivitas yang tampak pada fase ini lebih pada aktivitas menulis.