PENERAPAN PRINSIP PENYEDERHANAAN PEMAHAMAN KONSEP SEJAJAR DAN TEGAK LURUS PADA DUA PERSAMAAN GARIS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 JEMBER

Main Author: Hadi, Sutrisno
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Jember , 2019
Online Access: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/145
https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/145/157
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru dan belum memberikan akses bagi siswa untuk berkembang secara mandiri, adanya keterbatasan   waktu, sarana, lingkungan belajar dan jumlah peserta didik yang terlalu banyak. Terdapat juga siswa  sehingga  kurang  termotivasi dalam  proses belajar dan  kurang dapat  meningkatkan aktivitas serta kreativitasnya, akibatnya siswa menjadi pasif. Tujuan penelitan adalah untuk mengetahui tentang penerapan prinsip penyederhanaan pemahaman konsep sejajar dan tegak luru pada dua persamaan garis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari empat tahapan dasar yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 36 orang di kelas VIII B. Sumber data berasal dari guru dan siswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes ulangan harian. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes melalui ulangan harian dengan deskriptif kualitatif.  Terdapat peningkatan hasil belajar dengan indikator ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 23% dan kategori aktivitas siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup aktif pad silus 1 menjadi kategori aktif pada siklus 2. Hasil wawancara menunjukan bahwa siswa sangat terbantu sekali dalam pemahaman dan penyelesaian soal pada materi persamaan garis.