Peningkatan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Melalui Adaptasi, Seleksi Alam Dan Perkembangbiakan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Map

Main Author: Widiarti, Anik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: IKIP PGRI Jember , 2019
Online Access: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/222
https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/222/221
Daftar Isi:
  • Prosentase ketuntasan klasikal dari  kelas yang dipegang peneliti masih dibawah 80%. Capaian nilai rata-rata kelas juga kurang memuaskan hanya berkisar 65,00. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tahap-tahap pelaksanaan yang didalamnya terdapat empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IX D karena ketuntasan kelas ini adalah yang paling rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain.  Hasil dari tindakan pada penelitian ini terlihat adanya perkembangan setelah menerapkan model pembelajaran Mind Map. Pada siklus 1 prosentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 76,00% dan meningkat menjadi 88,00% pada siklus 2. Demikian juga dengan pencapaian nilai rata-rata yang meningkat dari 69,20 pada saat siklus 1 menjadi 78,20 pada siklus 2. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Trenggalek semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 dalam materi mendeskripsikan kelangsungan hidup makhluk hidup