Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Asuransi Kendaraan Bermotor Antara Jenis All Risk dan Total Loss Only (TLO) (Pengujian Respon Konsumen Terhadap Unsur Ketidakpastian

Main Authors: Junaidi, Junaidi, Erfit, Erfit, Lubis, Paulina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi , 2013
Online Access: https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/1694
https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/1694/1097
ctrlnum article-1694
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Asuransi Kendaraan Bermotor Antara Jenis All Risk dan Total Loss Only (TLO) (Pengujian Respon Konsumen Terhadap Unsur Ketidakpastian</title><creator>Junaidi, Junaidi</creator><creator>Erfit, Erfit</creator><creator>Lubis, Paulina</creator><description lang="en-US">Penelitian bertujuan untuk menganalisis: (1). Dampak unsur ketidakpastian terhadap perilaku konsumen dalam memilih asuransi kendaraan bermotor antara jenis all-risk dan total loss only (TLO); (2) Perbedaan dampak unsur ketidakpastian terhadap perilaku konsumen laki-laki dan wanita dalam memilih asuransi kendaraan bermotor antara jenis all-risk dan TLO. Penelitian menggunakan metode percobaan ekonomi dengan pelaku percobaan sebanyak 30 orang mahasiswa. Percobaan dilakukan dengan tiga jenis perlakuan: kondisi low risk, medium risk dan high risk. Data dianalisis pada masing-masing tingkat risiko, secara secara deskriptif dan menggunakan analisis ragam. Hasil percobaan menemukan: (1) Keputusan konsumen dalam memilih asuransi ditentukan oleh jenis dan banyaknya informasi yang diperoleh; (2) Proporsi perempuan dalam mengikuti asuransi lebih besar dibandingkan laki-laki, yang menunjukkan relatif lebih tingginya tingkat kehati-hatian perempuan dalam menghadapi ketidakpastian resiko pada masa yang akan datang; (3) Laki-laki cenderung lebih berani mengambil resiko pada masa yang akan datang berdasarkan pengalaman masa lalunya (terutama ketika pada masa lalu atau pada percobaan periode sebelumnya tidak mengalami kehilangan kendaraan). (4) Pada kondisi low risk dan medium risk, tidak terdapat perbedaan perilaku laki-laki dan perempuan dalam mengikuti asuransi maupun dalam memilih jenis asuransinya. Namun pada kondisi high risk terdapat perbedaan perilaku laki-laki dan perempuan, terutama pada pemilihan asuransi TLO.Kata Kunci: Ekonomi Percobaan, Asuransi, Perilaku Konsumen, Probabilitas</description><publisher lang="en-US">Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi</publisher><date>2013-04-03</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/1694</identifier><source lang="en-US">Jurnal Paradigma Ekonomika; No April (2013): Jurnal Paradigma Ekonomika</source><source>2085-1960</source><language>eng</language><relation>https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/1694/1097</relation><recordID>article-1694</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Junaidi, Junaidi
Erfit, Erfit
Lubis, Paulina
title Perilaku Konsumen dalam Pemilihan Asuransi Kendaraan Bermotor Antara Jenis All Risk dan Total Loss Only (TLO) (Pengujian Respon Konsumen Terhadap Unsur Ketidakpastian
publisher Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
publishDate 2013
url https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/1694
https://online-journal.unja.ac.id/paradigma/article/view/1694/1097
contents Penelitian bertujuan untuk menganalisis: (1). Dampak unsur ketidakpastian terhadap perilaku konsumen dalam memilih asuransi kendaraan bermotor antara jenis all-risk dan total loss only (TLO); (2) Perbedaan dampak unsur ketidakpastian terhadap perilaku konsumen laki-laki dan wanita dalam memilih asuransi kendaraan bermotor antara jenis all-risk dan TLO. Penelitian menggunakan metode percobaan ekonomi dengan pelaku percobaan sebanyak 30 orang mahasiswa. Percobaan dilakukan dengan tiga jenis perlakuan: kondisi low risk, medium risk dan high risk. Data dianalisis pada masing-masing tingkat risiko, secara secara deskriptif dan menggunakan analisis ragam. Hasil percobaan menemukan: (1) Keputusan konsumen dalam memilih asuransi ditentukan oleh jenis dan banyaknya informasi yang diperoleh; (2) Proporsi perempuan dalam mengikuti asuransi lebih besar dibandingkan laki-laki, yang menunjukkan relatif lebih tingginya tingkat kehati-hatian perempuan dalam menghadapi ketidakpastian resiko pada masa yang akan datang; (3) Laki-laki cenderung lebih berani mengambil resiko pada masa yang akan datang berdasarkan pengalaman masa lalunya (terutama ketika pada masa lalu atau pada percobaan periode sebelumnya tidak mengalami kehilangan kendaraan). (4) Pada kondisi low risk dan medium risk, tidak terdapat perbedaan perilaku laki-laki dan perempuan dalam mengikuti asuransi maupun dalam memilih jenis asuransinya. Namun pada kondisi high risk terdapat perbedaan perilaku laki-laki dan perempuan, terutama pada pemilihan asuransi TLO.Kata Kunci: Ekonomi Percobaan, Asuransi, Perilaku Konsumen, Probabilitas
id IOS7366.article-1694
institution Universitas Jambi
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 64
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Jambi
library_id 515
collection Jurnal Paradigma Ekonomika
repository_id 7366
subject_area Labor Economics/Ekonomi Perburuhan
General Publications of Economic/Terbitan Berseri Ilmu Ekonomi, Berkala Umum Ilmu Ekonomi
Islam and Economics/Islam dan Ilmu Ekonomi
Research Methods of Economic/Metode Riset Penelitian Ekonomi
city KOTA JAMBI
province JAMBI
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7366
first_indexed 2019-05-17T02:19:28Z
last_indexed 2019-05-17T02:19:28Z
recordtype dc
_version_ 1686524045661569024
score 17.538404