ANALISA SUDUT KEMIRINGAN SISTEM SUSPENSI TERHADAP TINGGI RENDAHNYA KENDARAAN DENGAN PERMUKAAN TANAH PADA MOBIL TUXUCI
Main Author: | Ariyanto, Nur Aidi |
---|---|
Format: | Article info Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Politeknik Harapan Bersama Tegal
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/nozzle/article/view/795 |
Daftar Isi:
- AbstrakSistem suspensi terletak diantara body kendaraan dan roda-roda, dan dirancang untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan sehingga menambah kenyamanan.Adapun tujuan yang diperoleh dari data hasil uji pengaruh kemiringan penggunaan suspensi bermerek DBS terhadap Mobil UrbanBala Manter untuk mengetahui tinggi rendahnya kendaraan dari permukaan tanah sampai rangka kendaraan pada Mobil UrbanBala Manterdengan menggunakan Suspensi DBS.Spesifikasi kendaraan: Panjang 230cm, lebar 150cm, tinggi kendaraan 121cm, jarak sumbu roda 173cm, berat rangka 50kg, berat bodi 50kg, berat mesin 40kg, berat pengemudi 50kg, berat total mobil tanpa beban pengemudi 150kg, berat total mobil ditambah beban pengemudi 200kg.Metode analisis data untuk mengetahui kemiringan setelah dilakukan perbandingan 30o dan 50o masing-masing diujikan untuk mencari jarak antara permukaan tanah dengan bagian bawah mobil.Dari hasil analisa sistem suspensi Mobil Urban Bala Manter telah menunjukan jarak pada tiap-tiap pengujian di kemiringan 30° dan 50° dan dilakukan dengan atau tampa adanya pengemudi. Setelah hasil analisa suspensi belakang pada Mobil Urban Bala Manter diketahui, maka dapat disimpulkan bahwa kemiringan suspensi 50° menghasilkan jarak antara permukaan tanah sampai kerangka 18cm dengan tanpa ditambah beban pengemudi dan 15cm dengan ditambahkan beban pengemudi, kemudian kemiringan suspensi 30° dengan jarak antara permukaan tanah sampai kerangka 30cm dengan tanpa ditambah beban pengemudi dan 28cm dengan ditambahkan beban pengemudi. Kata kunci : Sistem Suspensi, Sudut Kemiringan Sistem Suspensi