PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: Hardin, Fransiskus, Widayat, Edy, Listiana, Yuli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe , 2020
Online Access: http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/162
http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/162/149
Daftar Isi:
  • The purpose of this study was a) to see if there was an application of the Jigsaw-type cooperative learning model with NHT on the learning outcomes of class VII students of SMP IPIEMS Surabaya. b) To see whether there is an effect of using the Jigsaw and NHT cooperative learning models on the learning outcomes of seventh grade students of SMP IPIEMS Surabaya. This study used a quantitative approach and the type of experimental research was using true experimental design with the pretest-posttest control group design. The statistical test used is the sample t test and multiple linear regression. The results showed: a) there was no application of the jigsaw cooperative learning model with the NHT type on student learning outcomes, b) there was a significant effect on the application of the jigsaw and NHT cooperative learning model.
  • Tujuan dari penelitian ini adalah a) untuk mengetahui apakah ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IPIEMS Surabaya.  b) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunanan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP IPIEMS Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain true eksperimental dengan bentuk pretest-posttest control group design. Uji statistic yang digunakan yaitu uji sample t test dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan: a) tidak ada perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe NHT terhadap hasil belajar siswa, b) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan NHT terhadap hasil belajar siswa.