PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Main Authors: Astutik, Wiwik, warli, warli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe , 2019
Online Access: http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/106
http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/106/88
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran  learning  cycle  5E  dengan  teknik  scaffolding  terhadap  hasil belajar  matematika siswa SMP  pada pokok bahasan Statitika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest kelompok kontrol subjek random. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semanding Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII B. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Data hasil belajar  matematika siswa SMP diperoleh dari tes hasil belajar matematika yang kemudian  akan dilakukan uji  t-dua  sampel  bebas  dengan  syarat  harus  memenuhi  uji  prasyarat  (uji  normalitas dan  uji homogenitas). Tujuan dari uji t-dua sampel bebas adalah untuk mengetahui perbedaan pada kedua data tersebut. Karena data yang diperoleh memenuhi uji normalitas tetapi tidak memenuhi uji homogenitas maka data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel bebas dengan asumsi bahwa kedua sampel tidak homogen. Berdasarkan hasil uji-t dua sampel bebas diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan nilai tes hasil belajar matematika siswa SMP antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata nilai tersebut akibat adanya perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran  learning  cycle  5E  dengan  teknik  scaffolding  terhadap  hasil belajar matematika siswa SMP pada pokok bahasan Statistika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Scaffolding, Hasil Belajar Matematika.
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran  learning  cycle  5E  dengan  teknik  scaffolding  terhadap  hasil belajar  matematika siswa SMP  pada pokok bahasan Statitika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest kelompok kontrol subjek random. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semanding Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII B. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Data hasil belajar  matematika siswa SMP diperoleh dari tes hasil belajar matematika yang kemudian  akan dilakukan uji  t-dua  sampel  bebas  dengan  syarat  harus  memenuhi  uji  prasyarat  (uji  normalitas dan  uji homogenitas). Tujuan dari uji t-dua sampel bebas adalah untuk mengetahui perbedaan pada kedua data tersebut. Karena data yang diperoleh memenuhi uji normalitas tetapi tidak memenuhi uji homogenitas maka data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel bebas dengan asumsi bahwa kedua sampel tidak homogen. Berdasarkan hasil uji-t dua sampel bebas diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan nilai tes hasil belajar matematika siswa SMP antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata nilai tersebut akibat adanya perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran  learning  cycle  5E  dengan  teknik  scaffolding  terhadap  hasil belajar matematika siswa SMP pada pokok bahasan Statistika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018.