PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Main Authors: | Astutik, Wiwik, warli, warli |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe
, 2019
|
Online Access: |
http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/106 http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/106/88 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa SMP pada pokok bahasan Statitika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest kelompok kontrol subjek random. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semanding Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII B. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Data hasil belajar matematika siswa SMP diperoleh dari tes hasil belajar matematika yang kemudian akan dilakukan uji t-dua sampel bebas dengan syarat harus memenuhi uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas). Tujuan dari uji t-dua sampel bebas adalah untuk mengetahui perbedaan pada kedua data tersebut. Karena data yang diperoleh memenuhi uji normalitas tetapi tidak memenuhi uji homogenitas maka data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel bebas dengan asumsi bahwa kedua sampel tidak homogen. Berdasarkan hasil uji-t dua sampel bebas diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan nilai tes hasil belajar matematika siswa SMP antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata nilai tersebut akibat adanya perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa SMP pada pokok bahasan Statistika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Scaffolding, Hasil Belajar Matematika.
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa SMP pada pokok bahasan Statitika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest kelompok kontrol subjek random. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semanding Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII B. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Data hasil belajar matematika siswa SMP diperoleh dari tes hasil belajar matematika yang kemudian akan dilakukan uji t-dua sampel bebas dengan syarat harus memenuhi uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas). Tujuan dari uji t-dua sampel bebas adalah untuk mengetahui perbedaan pada kedua data tersebut. Karena data yang diperoleh memenuhi uji normalitas tetapi tidak memenuhi uji homogenitas maka data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel bebas dengan asumsi bahwa kedua sampel tidak homogen. Berdasarkan hasil uji-t dua sampel bebas diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan nilai tes hasil belajar matematika siswa SMP antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata nilai tersebut akibat adanya perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding terhadap hasil belajar matematika siswa SMP pada pokok bahasan Statistika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018.