IMPLEMENTASI KLASIFIKASI BAYESIAN UNTUK STRATEGI MENYERANG JARAK DEKAT PADA NPC (NON PLAYER CHARACTER)MENGGUNAKAN UNITY 3D

Main Authors: Asmiatun, Siti, Hendrawan, Aria
Format: Article info Naive Bayes Classification application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang , 2016
Subjects:
fps
Online Access: http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/139
http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/139/236
http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/downloadSuppFile/139/19
Daftar Isi:
  • Abstract—Dalam sebuah game strategi penyerangan untuk melawan musuh harus diterapkan, sehingga lebih menarik pemain game untuk menyelesaikan permainan sampai dengan tujuan yang akan dicapai. Penelitian ini membahas tentang strategi menyerang jarak dekat untuk NPC (Non Player Character). Dalam sebuah game khususnya untuk game FPS (First Person Shooter), dibutuhkan suatu strategi NPC, dengan tujuan untuk membuat game menjadi lebih atraktif dan realistik. Strategi menyerang dalam penelitian ini adalah membagi beberapa perilaku penyerangan NPC ketika berada pada posisi paling dekat dengan musuh. Penelitian ini menerapkan algoritma bayesian untuk klasifikasi perilaku penyerangan NPC tersebut. Klasifikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan strategi menyerang melawan musuh. Klasifikasi penyerangan NPC dibiagi menjadi dua perilaku penyerangan yaitu perilaku memukul dan perilaku menggigit. Sedangkan untuk variabel yang digunakan dalam klasifikasi bayesian adalah health point, attack point player dan jarak yang diperoleh dari kondisi NPC. Dari hasil pengujian metode klasifikasi bayesian menggunakan pengujian confusion matrix, dengan percobaan permainan sebanyak 10 kali, telah menghasilkan presentasi tingkat akurasi pada confusion matrix mencapai nilai persentase sebesar 80 %. Hal ini membubktikan bahwa klasifikasi perilaku penyerangan jarak dekat dengan metode klasifikasi bayesian dapat diterapkan dengan hasil yang baik.