KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Main Author: | Mahfuddin, Azis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/141 http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/141/93 |
Daftar Isi:
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), khususnya di tingkat SMA sudah berjalan enam tahun lebih. Hasil sementara kurikulum ini belum sesuai dengan harapan, karena masih banyak kendala yang dihadapi, baik yang berkenaan dengan kesesuaian antara materi dengan tujuan, maupun yang berkenaan dengan standar isi, standar kompetensi, standar kompetensi lulusan, dan lain sebagainya. KTSP pada jenjang pendidikan menengah (SMA, MAN), memang disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL), serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Tujuannya adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri, dan dapat mengikuti pendidikan lebih lanjut. Namun sampai saat ini belum ada alat evaluasi yang standar yang dapat melihat sejauh mana KTSP dilaksanakan dengan baik, termasuk hasilnya.