EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN BAHASA ASING DI SMA
Main Author: | Mahfuddin, Azis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FPBS UPI
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/123 http://ejournal.upi.edu/index.php/allemania/article/view/123/84 |
Daftar Isi:
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 telah berjalan lima tahun. Mata pelajaran bahasa asing (Jerman, Arab, Prancis dan Jepang) dalam kurikulum tersebut merupakan mata pelajaran pilihan yang tujuannya mengacu pada kebermaknaan dari bahasa asing tersebut (khususnya dalam konteks kehidupan global sekarang ini). Persoalan pokok yang dihadapi dewasa ini adalah bagaimana agar bahasa asing menjadi pengetahuan yang bermakna bagi peserta didik. Pada era global ini, bahasa asing sudah mendapat tempat bagi para peminatnya, karena alur komunikasi, pengetahuan, dan teknologi sangat membutuhkan penguasaan dan kemampuan bahasa tersebut. Namun sejauh mana pembelajaran bahasa asing tersebut sudah memberi makna pada kebutuhan peserta didik dalam kiprahnya, perlu ada evaluasi dan pengkajian ulang mengenai hal ihwal pengajaran bahasa asing.