NALAR PENDIDIKAN DAMAI (PEACE EDUCATION); Analisis Pemikiran Abdurrahman Wahid
Main Authors: | Pallawa, Alimuddin Hassan, Masbukin, Masbukin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyrakat
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/10626 http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/10626/5492 |
Daftar Isi:
- Tulisan ini mendiskusikan akan pentingnya upaya mengembangkan model pembelajaran fiqh yang lebih humanis. Pembelajaran fiqh perlu didorong ke arah yang lebih transformatif, mau melihat perbedaan, menyadari tentang pentingnya pluralitas dalam pemahaman fiqh. Oleh karena itu, pembelajaran fiqh semestinya harus humanis, yaitu meneguhkan kembali kepentingan manusia dalam beribadah. Model pembelajaran fiqh yang humanis diantaranya adalah menekankan akan pembelajaran yang bermakna dan pendekatan dialogis.