NALAR PENDIDIKAN DAMAI (PEACE EDUCATION); Analisis Pemikiran Abdurrahman Wahid

Main Authors: Pallawa, Alimuddin Hassan, Masbukin, Masbukin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyrakat , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/10626
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/10626/5492
Daftar Isi:
  • Tulisan ini mendiskusikan akan pentingnya upaya mengembangkan model pembelajaran fiqh yang lebih humanis. Pembelajaran fiqh perlu didorong ke arah yang lebih transformatif, mau melihat perbedaan, menyadari tentang pentingnya pluralitas dalam pemahaman fiqh. Oleh karena itu, pembelajaran fiqh semestinya harus humanis, yaitu meneguhkan kembali kepentingan manusia dalam beribadah. Model pembelajaran fiqh yang humanis diantaranya adalah menekankan akan pembelajaran yang bermakna dan pendekatan dialogis.