PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA SMK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING
Main Authors: | Senjayawati, Eka, Nurfauziah, Puji |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
IKIP Siliwangi Bandung
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1085 http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1085/626 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan creative problem solving dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan konvensional, selain itu menelaah peningkatan kemampuan self efficacy antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan creative problem solving dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK di Kota Cimahi, sampel dipilih menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan pendekatan creative problem solving lebih baik daripada yang yang menggunakan pembelajaran biasa, serta peningkatan self efficacy siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan creative problem solving lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran biasa. Kata Kunci : pendekatan creative problem solving, penalaran matematik, self efficacy ABSTRACTThe purpose of this research is to examine the improvement of mathematical reasoning ability among the students whose learning with creative problem solving approach compared with the students whose learning with conventional approach, besides studying the enhancement of self efficacy ability among the students with the creative problem solving approach compared with the students who study with conventional approach. This research is a quantitative research with quasi experimental method. The subjects of this study were stuents of SMK in Kota Cimahi, the sample was selected into two classes, namely experimental class and control class. Based on the result of data analysis, it is concluded that the improvement of mathematical reasoning ability of vocational students whose learning using creative problem solving approach is better than those using ordinary learning, as well as improving self efficacy of vocational students whose learning using creative problem solving is better than using ordinary learning. Keywords: creative problem solving approach, mathematical reasoning, self efficacy