Pengembangan Lembar Kerja Kelompok Berbasis Keterampilan Proses untuk Melatih Percaya Diri Siswa

Main Author: Arsil, A
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University , 2017
Online Access: https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6779
https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6779/4263
Daftar Isi:
  • Tujuan pada penelitian ini adalah mengembangkan sebuah lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses untuk melatih percaya diri siswa yang valid, praktis dan efektif. Fokus pada muatan IPA kelas 5 sekolah dasar, subtema hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem, materi rantai makanan. Jenis penelitian yaitu R & D, menggunakan metode pengembangan Sugiyono 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN 17/I Rantau Puri Kabupaten Batanghari, Jambi. Hasil validasi lembar kerja kelompok melalui angket oleh ahli media, materi dan bahasa dalam kategori valid setelah dilakukan revisi. Hasil angket, juga menunjukkan respon positif (sangat baik) yang didapatkan dari guru terhadap penggunaan lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses sebesar 91,1% dan respon siswa sebesar 95,5%. Hasil observasi terhadap sikap percaya diri siswa telah mengalami peningkatan sebesar 71,43%. Kesimpulan bahwa pengembangan lembar kerja kelompok berbasis keterampilan proses telah memenuhi kriteria valid dan praktis dipergunakan pada proses pembelajaran muatan IPA kajian rantai makanan serta terbukti efektif dalam melatih dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.   Kata Kunci : keterampilan proses, percaya diri