THE IMPLEMENTATION OF A PROCESS APPROACH: A CASE STUDY IN TEACHING A DESCRIPTIVE TEXT TO FIRST GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Main Author: Siregar, Surya Sagiro
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan , 2015
Online Access: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/EEJ/article/view/120
http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/EEJ/article/view/120/109
Daftar Isi:
  • AbstractPenelitian ini berhubungan dengan implementasi pendekatan proses dalam pembelajaran menulis, yang dilaksanakan di level sekolah menengah pertama. Penelitian ini bersifat kualitatif karena fokusnya adalah mengamati proses menulis yang berlangsung di dalam kelas, dan terkonsentrasi untuk mencari-tahu bagaimana langkah-langkah dalam pendekatan proses mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan, dengan jumlah partisipan sebanyak 35 siswa. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan proses dalam banyak hal ternyata mampu meningkatkan kemahiran siswa dalam menulis teks deskriptif. Namun demikian dalam konteks pembelajar EFL. Demikianlah, sangat diharapkan penelitian yang berskala lebih besar sehubungan dengan pendekatan ini, untuk memperolah hasil yang lebih signifikan.Kata Kunci: descriptive text, process approach dan teaching writing.