Effect of Concept Circle Strategy on Students’ Vocabulary Mastery at Grade VII MTs N 2 Padangsidimpuan
Main Authors: | Lubis, Fitriadi; IAIN Padangsidimpuan, Rambe, Sojuangon, Fuadi, Rahmi; IAIN Padangsidimpuan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/EEJ/article/view/1174 http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/EEJ/article/view/1174/976 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini difokuskan pada pengaruh Strategi Lingkaran Konsep pada penguasaan kosakata siswa pada kelas VII MTs N 2 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dua kelas dipilih secara acak sebagai sampel. Mereka adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 24 siswa dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 22 siswa. Itu diambil setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Data tersebut berasal dari pre-test dan post-test. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus t-test. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen setelah menggunakan Strategi Lingkaran Konsep lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan strategi Concept Circle adalah 55,62 dan skor rata-rata setelah menggunakan strategi Concept Circle adalah 82,62. Sedangkan skor rata-rata kelas kontrol pada post test adalah 68,58. Selain itu, nilai t hitung lebih besar dari ttabel (4.205> 2.021). Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi Concept Circle pada Penguasaan Kosakata Siswa pada kelas VII MTs N 2 Padangsidimpuan.