PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI INPRES 6.88 PERUMNAS II YABANSAI

Main Author: LUMBAN GAOL, DIANA
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih , 2018
Online Access: http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI/article/view/345
http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI/article/view/345/314
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Inpres 6.88 Perumnas II yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode konvesional. (2) Perbedaan hasil belajar siswa kelas SDN IV Inpres 6.88 Perumnas II yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode konvesional. (3) Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres 6.88 Perumnas II setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode konvesional. peneliti ini menggunakan metode analisis desain quasi eksperiment (quasi experimental desing), dengan jenis desain non equivalent pre test-post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Inpres 6.88 Perumnas II yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan dibandingkan dengan model konvensional. Dalam hasil pengolahan data termasuk dalam kategori baik. Hasil perhitungan statistik terlihat bahwa sig hitung 0,000 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres 6.88 Perumnas II yang diterapkan model pembelajaran koopertif tipe jigsaw dan dibandingkan dengan model konvensional. Hasil perhitungan statistik menunjukkan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 0,6 sedangkan kelas kontrol 0,5. (3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Inpres 6.88 Perumnas II yang hendak diterapkan modle pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan dibandingkan dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian setiap RPP pada kelas eksperimen nilainnya meningkat dibandingkan model konvensional.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Motivasi dan Hasil Belajar IPA