Persepsi Manajemen Perusahaan Terhadap Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance (Studi pada 36 Perusahaan di Indonesia)

Main Authors: Indrayani, Mei, Nurkholis, Nurhkolis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya , 2015
Online Access: https://tema.ub.ac.id/index.php/tema/article/view/112
https://tema.ub.ac.id/index.php/tema/article/view/112/102
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pihak manajemen perusahaan terhadap prinsip-prinsip good corporate govemance (GCG) di Indo­nesia. Pihak manajemen perusahaan dibedakan menurut jenis perusahaan, level manajemen, dan tingkat pendidikan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner kepada responden. Dari 150 kuisioner yang disebar, secara keseluruhan diperoleh 36 responden atau didapatkan respon rate sebesar 24%. Pengolahan data menggunakan ujiANOVA (Analysis of Variances) untuk mengetahui perbedaan persepsi di antara ketiga kelompok sampel (sub populasi) berdasarkan jenis perusahaan dan level manajemen. Uji-t (t test) digunakan untuk mengetahui perbedaan persepsi antara manajemen dengan pendidikan sarjana dan manajemen berpendidikan non sarjana terhadap prinsip-prinsip good corporate govemance. Hasil uji ANOVA terhadap persepsi manajemen ditinjau dari jenis perusahaan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap “Pengetahuan tentang prinsip-prinsip GCG; Komisaris; Komite audit”. Sedangkan pada determinan ‘hak-hak pemegang saham; direksi; sekretaris perusahaan; stakeholders; pengungkapan; kerahasiaan; dan informasi orang dalam” menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan diantara ketiga kelompok sampel yaitu manajemen perusahaan pada BUMN, swasta go public, dan swasta non go public. Persepsi manajemen berdasarkan level manajemen menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan terhadap prinsip-prinsip good corporate govemance (GCG) antara manajemen atas, manajemen menengah, dan kelompok manajemen bawah. Sedangkan uji t menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara manajemen berpendidikan sarjana dan manajemen berpendidikan non sarjana terhadap determinan “Pengetahuan tentang GCG dan Hak-hak pemegang saham”. Sedangkan terhadap prinsip-prinsip GCG yang lain yaitu Komisaris; Direksi; Komite Audit; Sekretaris Perusahaan; Stakeholders; Pengungkapan; Kerahasiaan; dan Informasi orang dalam, tidak terdapat perbedaan persepsi yang signifikan di antara kedua kelompok sampel terhadap masing-masing prinsip tersebut. Kata-kata kunci: persepsi, manajemen perusahaan, good corporate gov­emance, BUMN, BUMS go public, BUMS non go public