PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR
Main Author: | Mustofa, Romy Faisal |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP3MPM Universitas Siliwangi
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/631 http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/article/view/631/406 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis pada materi bryophyta dan pterydhophyta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai dengan bulan Januari 2018 di SMA Negeri 3 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA4 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dilakukan sesudah kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi bryophyta dan pterydhophyta. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Ciamis pada materi bryophyta dan pterydhophyta.