PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MATERI HIMPUNAN
Main Author: | Awatif |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Matematika | STKIP YM Bangko
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/mat-edukasia/article/view/298 http://journal.stkipypmbangko.ac.id/index.php/mat-edukasia/article/view/298/243 |
Daftar Isi:
- Dalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan sehingga hasil belajarnya belum mencapai nilai maksimal, melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan objek penerapan model pembelajaran CIRC pada materi himpunan dengan pokok bahasan Diagram Venn. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan tes akhir dan observasi. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran matematika materi himpunan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras. Aktivitas siswa meningkat dari 33,33% pada siklus I menjadi 71,11% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 64,58 pada siklus I menjadi 71,39 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 63,89% pada siklus I, dan naik menjadi 86,11% pada siklus II, dengan demikian ketuntasan hasil belajar 85% siswa telah dicapai dengan nilai KKM yaitu ≥ 60. Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition.