Tipe Isi Prosedural dalam Pembelanjaan di Sekolah Menengah Kejuruan: Pemetaan Karakteristik Isi dan Hasil Belajar pada Ranah Kognitif

Main Author: Mukhadis, Amat
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang , 2009
Online Access: http://journal.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/587
Daftar Isi:
  • Karakteristik struktur isi bidang studi di SMK tipikal Teknologi Industri secara umum dipilah menjadi struktur orientasi dan pendukung. Baikpada tipe isi konseptual, prosedural maupun teoritik, Namun, secara spesifik perian dan distribusi mata ajaran di SMK sarat dengan tipe isi yang termasuk dalam klasifikasi prosedural, baik prosedural prasyarat maupun keputusan.Hasil belajar tipe isi ini dapat dipilah menjadi dua, yaitu berbentuk kemampuan pengenalan pola, dan kemampuan urutan tindakan. Bentuk hasil belajar yang pertama merupakan representasi dari proses diferensiasi dan atau integrasi pembentukan dan pengembangan skemata, sedangkan bentuk hasil belajar yang kedua merupakan representase dari proses diferensiasi dan integrasi pembentukan dan pengembangan sketmata baru. Keduanya ini termasuk dalam kemampuan kognitif pada ranah integrasi dengan mengelaborasi dan merestrukturisasi kembali sketmata yang dimiliki siswa.