Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share)

Main Author: Rosdi, Imra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/3419
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/3419/2693
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/downloadSuppFile/3419/323
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini dikarenakan rendahnya minat belajar siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah di SMA 10 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA 10 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi minat dan tes Hasil Belajar. Hasil Penelitian diperoleh minat belajar siswa meningkat Dari kategori Sedang pada siklus I menjadi kategori tinggi pada Siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 72,28 dengan ketuntasan klasikal 61.76%. Pada Siklus II nilai rata-ratanya naik menjadi 78.42 dengan ketuntasan klasikal 88.24%.