Model Pendidikan Perdamaian Berbasis Kearifan Lokal Pela Gandong Pada Pembelajaran IPS Pasca Rekonsiliasi Konflik Ambon

Main Authors: Hasudungan, Anju Nofarof, Sartika, Lianda Dewi
Other Authors: Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/2658
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/2658/2291
Daftar Isi:
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau yang dikenal dengan Studi Sosial memiliki tujuan akhir untuk membekali individu dengan pengetahuan dan pemahaman untuk hubungan dan kehidupan yang damai. Seperti yang dilakukan SMPN 9 Kota Ambon dengan 99% perserta didiknya beragama Kristen/ Katolik dan SMPN 4 Salahutu Liang Maluku Tengah dengan peserta didik beragama 100% Islam yang telah menerapkan nilai pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal pela gandong pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian untuk melihat penerapan model pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal pela gandong pada pembelajaran IPS. Penelitian dilakukan pada November 2019 dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode studi kepustakaan, wawancara, dan observasi-partisipatoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal pela gandong pada pembelajaran IPS dapat mencapai tujuan pendidikan perdamaian dan IPS.