Strategi Intensif Untuk Pengembangan Bisnis Batik Palembang Pada Industri Fesyen Batik di Indonesia
Main Authors: | Riana, Dwi; Fakultas Ekonomi, Universitas Tridinanti Palembang, Royda, Royda; Fakultas Ekonomi, Universitas Tridinanti Palembang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
prodima@fe.uika-bogor.ac.id
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/article/view/3505 http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/article/view/3505/1986 |
Daftar Isi:
- Batik Palembang merupakan salah satu jenis batik yang termasuk baru di dalam industri fashion. Untuk bisa berkembang dan bersaing dengan jenis batik lainnya, tentunya batik Palembang harus memiliki strategi yang baik. Ken-yataannya, saat ini Batik Palembang masih banyak belum diketahui oleh masyarakat Indonesia. Kepopuleran batik Jawa masih menduduki peringkat tera-tas. Batik Palembang belum menguasai pasar lokal dan internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan pada Batik Palembang dan mencari strategi terbaik dalam pengembangan Batik Palembang di industri fashion batik Indonesia. Penelitian ini dilakukan dari tahun 2019-2020 dengan menggunakan data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah ana-lisis kualitatif dan kuantitatif. Adapun alat yang digunakan untuk menganalisis permasalahan dalam penelitian ini adalah PEST, Five Force’s Porter, Competitor analysis, dan Business Canvass. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pengem-bangan terbaik pada bisnis Batik Palembang dengan mengoptimalkan peran tekonologi di dalamnya.