PENGARUH MODEL (GI) BERBANTU PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV SDN 02 KALIOMBO JEPARA

Main Authors: Kholidah, Arin Ni'amah, Wijayanti, Arfilia, Ardiyanto, Asep
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education , 2019
Subjects:
GI
Online Access: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2978
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2978/2587
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantu Permainan Engklek dengan Tema Cita-citaku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 02 Kaliombo. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Rata-rata hasil belajar siswa pada subtema Aku dan Cita-Citaku masih rendah, sedangkan kriteria ketuntasan minimal 70, 2) Pada saat pembelajaran siswa tersebut bermain sendiri, berbicara dengan teman, bermain dengan teman sebangku, serta tidak mendengarkan guru, 3) Model dan media yang digunakan guru terkadang membuat siswa menjadi bosan sehingga siswa tersebut dalam pembelajaran pasif dan ramai sendiri.Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Group Investigation (GI) berbantu permainan engklek dibuktikan dengan thitung 6,191 > 2,064. ketuntasan belajar individu nilai posttest lebih baik dari pada nilai pretest. ketuntasan belajar klasikal mencapai 88%.