PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Main Authors: Octova, Gifkar Ika, Roshayanti, Fenny, Baedowi, Sunan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2946
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2946/2581
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media animasi interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku SD Negeri 01 Medono Pekalongan.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, metode eksperimen, desain Quasi-Experiment dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan thitung (2,457) > ttabel (2,015) dengan koefisien signifikansi pada taraf 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran PBL berbantu media animasi interaktif. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 80,78 dari kelas kontrol yaitu 73,65. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 87% dan mencapai kriteria berhasil sedangkan ketuntasan belajar klasikal kelas kontrol yaitu 52% dan tidak mencapai kriteria.