PENGARUH PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA PADA CANDI CETHO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Main Authors: | Wahyuni, Sri, Koesdyantho, A.R. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FKIP-Universitas Slamet Riyadi
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2803 http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2803/191-207 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran etnomatematika pada Candi Cetho terhadap kemampuan berpikir kritis bangun datar kelas IV SD N Prawit 1 No.69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bentuk pre-eksperimen design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 35 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah paired simple t-test. Berdasarkan hasil analisis data nilai korelasi sebesar 0,076 berarti kedua variabel memiliki hubungan kuat. Kemudian, nilai signifikansi dibandingkan dengan 0,05 (0,000 < 0,05) disimpulkan Ho ditolak atau Ha diterima. Jadi hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Pada Candi Cetho Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD N Prawit 1 No.69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya dapat diterima. Sedangkan hasil korelasi N Gain didapat 0,60 (sedang) yang berarti treatment yang diberikan efektif.