PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS III
Main Authors: | Wijayanti, Ria, Trisiana, Anita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Slamet Riyadi
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2802 http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2802/178-190 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian mengetahui berpengaruh tidaknya permainan engklek berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif metode Pre-Eksperimental. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data Paired Sample T-Test dan uji N-Gain.Berdasarkan hasil analisis data statistik Paired Sample T-Test, terdapat –thitung -16,833 dibandingkan –ttabel dengan d.b = (N-1) jadi (35-1) = 34 dalam taraf signifikansi 5% yaitu -2,032atau -16,833 < -2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis yang menyatakan “Ada Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III Materi Bangun Datar SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018” terbukti kebenarannya dengan taraf signifikansi 5%. Besarnya pengaruh berdasarkan N-Gain 0,55 yaitu kategori sedang.