UPAYA MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER
Main Authors: | Wulandari, Lintang Ayu, Koesdyantho, A.R. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Slamet Riyadi
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2801 http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2801/165-177 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan sikap peserta didik menggunakan strategi pembelajaran CTL pada peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator keberhasilan yaitu diakhir siklus II memperoleh nilai akhir diatas 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik pada mata pelajaran PKN. Hal tersebut dibuktikan dengan lembar observasi sikap peserta didik. Pada siklus I peserta didik dengan nilai akhir sebesar 67% dan sebanyak 17 peserta didik yang mengalami ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85& atau sebanyak 22 peserta didik yang mengalami ketuntasan. Dengan demikian penerapan strategi pembe;ajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik bagi peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018