UPAYA MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER

Main Authors: Wulandari, Lintang Ayu, Koesdyantho, A.R.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Slamet Riyadi , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2801
http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin/article/view/2801/165-177
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan sikap peserta didik menggunakan strategi pembelajaran CTL pada peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Indikator keberhasilan yaitu diakhir siklus II memperoleh nilai akhir diatas 80%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui strategi pembelajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik pada mata pelajaran PKN. Hal tersebut dibuktikan dengan lembar observasi sikap peserta didik. Pada siklus I peserta didik dengan nilai akhir sebesar 67% dan sebanyak 17 peserta didik yang mengalami ketuntasan, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85& atau sebanyak 22 peserta didik yang mengalami ketuntasan. Dengan demikian penerapan strategi pembe;ajaran CTL dapat meningkatkan sikap peserta didik bagi peserta didik kelas V SDN Prawit 1 No. 69 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018