PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BEBASIS ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTSN KARANGREJO TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Adanya kesulitan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika dikarenakan, penyampaian materi ajar yang kurang menarik dari guru, siswa belum mampu menghubungkan materi yang dipelajari ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa yang rendah. Selain itu, dilihat dari segi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih banyak yang menggunakan pembelajaran secara konvensional, yang diterima siswa hanyalah penonjolan tingkat hafalan dari sekian macam topik, tetapi belum diikuti dengan pengertian dan pemahaman yang mendalam yang bisa diterapkan ketika mereka berhadapan dengan situasi baru dalam kehidupannya, sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa bisa menerapkan sebuah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Alat Peraga. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs Negeri Karangrejo. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN Karangrejo tahun ajaran 2017-2018 (2) Untuk mengetahui besar pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN Karangrejo tahun ajaran 2017-2018. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, dan jenis penelitian yang diterapkan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Karangrejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas VIII C sebanyak 38 siswa dan kelas VIII D sebanya 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, di uji dengan menggunakan uji hipotesis T-Test. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diketahui, (1) Ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di MTs Negeri Karangrejo, dengan nilai t hitung sebesar 7,925, dan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. (2) Besar pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Alat Peraga terhadap hasil belajar matematika siswadi MTs Negeri Karangrejo adalah 1,65 yang dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s tergolong large atau tinggi dengan persentasi 94,5%.