Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Ustadz/ustadzah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang” ini ditulis oleh Asyobatul Chikmah, NIM 1721143074, dosen pembimbing: Dr.H. Munardji, M.Ag, NIP 195412181986021001. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Tilawati Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Lembaga TPA Salamatussa’diyah yang menggunakan metode tilawati dalam pengajarannya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap para santrinya. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1. Bagaimana upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan tajwid melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang?; 2. Bagaimana upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan makharijul huruf melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang?; 3. Bagaimana upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan sifatul huruf melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang?. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan tajwid melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang; 2. Untuk mengetahui upaya ustadz/ ustadzah dalam meningkatkan kemampuan Makhorijul huruf melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang; 3. Untuk mengetahui upaya ustadz/ ustadzah dalam meningkatkan kemampuan Sifatul huruf melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang. Rancangan Penelitian: pendekatan: kualitatif, jenis penelitian: penelitian deskriptif; lokasi penelitian: TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang; sumber data: data primer dan data sekunder; metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dokumentasi; teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi; pengecekan keabsahan data: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian: 1. Upaya Ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan tajwid melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang: a) Ustadz/ustadzah menjelaskan tujuan mempelajari ilmu tajwid beserta hukumnya kepada santri agar santri senantiasa membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah yang benar; b) Ustadz/ustadzah memperkenalkan cara membacanya ketika ditilawati jilid 1-5 dan menjelaskan secara detail ketika ditilawati jilid 6 hingga Al-Qur’an; c) Ustadz/ustadzah mengajarkan materi tajwid sampai tuntas; d) Ustadz/ustadzah menerapkan teknik klasikal dan baca simak dalam pembelajaran tajwid; e) Ustadz/ustadzah mengelola kelas dengan mengatur tempat duduk seperti huruf “U”supaya mereka disiplin; f) Ustadz/ ustadzah melakukan evaluasi harian dan semester. 2. Upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan makharijul huruf melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang: a) Ustadz/ustadzah memperkenalkan huruf hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya; b) Ustadz/ustadzah menerapkan metode latihan dalam pembelajaran makharijul huruf; c) Ustadz/ustadzah dalam mengajar makharijul huruf di kelas tilawati PAUD menggunakan variasi mengajar agar santrinya tidak bosan; d) Ustadz/ustadzah menggunakan media visual dalam pembelajaran makharijul huruf; e) Ustadz/ustadzah mengatur tempat duduk para santri melingkar membentuk huruf “U” dan ustadz/ustadzahnya berada di depan tengah; f) Ustadz/ustadzah setiap hari mengadakan evaluasi/ munaqosyah yang dilakukan dengan cara sorogan. 3. Upaya ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan Sifatul huruf melalui metode tilawati di TPA Salamatussa’diyah Mojolegi Jombang: a) Ustadz/ustadzah memperkenalkan sifatul huruf, menerapkan cara membacanya, dan terus mengulangulang bacaan Al-Qur’annya; b) Ustadz/ustadzah mengajar pembelajaran sifatul huruf dan makharijul huruf menjadi satu karena keduanya saling berkaitan; c) Ustadz/ustadzah menerapkan metode pembiasaan dan metode keteladanan dalam pembelajaran sifatul huruf; d) Ustadz/ustadzah menerapkan teknik klasikal dan baca simak dalam pembelajaran sifatul huruf.