Daftar Isi:
  • ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di MTsN Karangrejo pada Materi Perbandingan” ini ditulis oleh Defi Sa’adah, NIM. 1724143065, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, MM. Kata Kunci: kontekstual, kemampuan representasi matematis, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa. Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VII di MTsN Karangrejo. 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN Karangrejo. 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN Karangrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Karangrejo yang berjumlah 340 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII H sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII I sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) wawancara; 2) Observasi; 3) Tes; 4) Dokumentasi. Instrumen penelitian tes berupa post-test untuk mengukur kemampuan representasi matematis dan hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis, dibuktikan dangan rata-rata hasil kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen sebesar 61,11 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 48,52 dan hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 20,877 dengan signifikansi 0,000. 2) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dangan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 91,19 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 77,91 dan hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 7,837 dengan signifikansi 0,007. 3) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan representasi matematis dan hasil belajar siswa dibuktikan dangan hasil uji statistik diperoleh F hitung sebesar 11,185 dengan signifikansi 0,000.